Monday 22 August 2016

Sebuah Kisah Pembangun Jiwa : Istighfar dan Gempa

Ya Rabbi, meski dosa-dosaku sangat banyak
Namun aku tahu bahwa ampunanMu jauh lebih besar
Jika hanya orang baik yang boleh berharap kepadaMu
Maka, kepada siapakah orang berdosa berlindung dan memohon keselamatan?
Tak ada perantara kepadaMu selain keridhoan
Juga kepemaafanMu dan bahwa aku seorang Muslim

"Perbanyaklah istighfar di rumah-rumah, perjamuan-perjamuan, jalan-jalan, pasar-pasar, dan forum-forum kalian, karena kalian tidak tahu kapan turunnya ampunan" (Hasan Al Bashri)

Simaklah, kisah yang disampaikan oleh Prof Dr Mubasyir Karal, anggota Dewan Penasihat Rumah Sakit Haros Wathoni.

Beberapa waktu silam, terjadi peristiwa gempa Pakistan yang sangat terkenal itu, di mana korbannya mencapai ribuan orang, Allah Subhanahu Wa Ta'ala berkehendak menyelamatkan seseorang dari kematian yang sudah di depan mata.  

Ketika gempa terjadi, orang itu berada di dalam rumahnya, sedang menyantap makanannya. Kemudian ia pergi tidur untuk beristirahat sejenak. Ketika sedang berbaring di atas kasur, terjadilah gempa yang dahsyat.  Kamar berguncang dengan keras, bahkan seluruh penjuru rumah berguncang. Atap mulai retak dan ia menyaksikan peristiwa itu. Saking kagetnya dengan kejadian ini, ia tidak mampu bergerak dari tempat tidurnya. Tiang-tiang kamar pun mulai runtuh di depan mata kepalanya. Tidak ada yang dilakukannya selain beristighfar. Ia mengucapkan, "Astaghfirullah,  astaghfirullah!", terus-menerus.  Akhirnya atap rumahnya runtuh. Semua ini terjadi dalam waktu yang sangat singkat, hanya dalam hitungan yang tidak lebih dari beberapa menit.  

Ternyata Allah menghendaki keselamatan orang ini. Ia mengisahkan kejadian itu sendiri, katanya. "Benar saja, akhirnya atap rumah yang terbuat dari lapisan beton yang kuat itu runtuh. Tetapi alhamdulillah, bagian-bagian arap itu jatuh berpencar di seluruh sisi ruangan kecuali tempat di mana saya berada. Saya pun bangun dan segera keluar rumah. Lantas mengucapkan puji syukur kepada Allah 

Saya katakan, "Benarlah Rasulullah ketika bersabda, 'Barangsiapa yang selalu beristighfar niscaya Allah akan menjadikan untuknya kelapangan dari setiap kecemasan, jalan keluar dari setiap kesempitan,  dan rezeki dari arah yang tidak dia sangka-sangka"


Disarikan dari kitab Dahsyatnya Istighfar; dengan judul asli At Tadawi bil Istighfar karya Hasan bin Hasan Hamam, diterbitkan Darul Hadhoroh Lin Nasyr wat Tauzi' 1427 H

Dikembangkan oleh Syafiq Elquds

No comments:

Post a Comment