Monday 29 August 2016

Hadis tentang Luasnya Rahmat Allah


عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أنَّ رَسُوْلَ اللهَ -صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ- قَالَ << إِنَّ اللهَ لَمَّا قَضَى الْخَلْقَ كَتَبَ عِنْدَهُ فَوْقَ عَرْشِهِ إِنَّ رَحْمَتِيْ سَبَقَتْ غَضَبِيْ >> رواه مسلم



Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, dari Rasulullah Shalallahu 'Alaihi wa Sallam, ia bersabda, "Sesungguhnya Allah ketika selesai menciptakan makhluk, maka Dia menulis di atas 'Arsy, 'Sesungguhnya rahmatKu mendahului (mengalahkan) murkaKu'."

Hadis ini berkualitas shahih. Diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitab tauhid hadis no. 15.  


Kandungan Hadis :

Makhluk Allah telah diciptakan menurut kadarnya masing-masing. Dan dalam waktu-waktu yang mereka lewati terkadang mereka berbuat salah dan dosa. Betapapun begitu, Allah selalu membuka pintu rahmat, maaf dan taubat untuk mereka. Selalu saja rahmatNya mendahului murkaNya. Dia selalu membuka pintu harapan supaya mereka tidak berputus asa. Betapa Maha Agungnya Allah dengan semua ini. Hanya saja, kadang-kadang kita belum mengerti. Sehingga kita sering menyalahkan, mengeluh dan berbalik ke belakang. Semoga kita dihindarkan dari sifat seperti ini dan senantiasa memohon ampunan Allah atas segala salah dan alpa kita. 


Sumber : 
Kitab Al-Ahadits al-Qudsiyyah Ash-Shahihah (Syekh Zakariyya Umairat)       


No comments:

Post a Comment