Monday 17 October 2016

Tidak Pantas Kita Merasa Aman dari Azab-Nya



Thawus bin Kaisan berkisah, "Aku pernah melihat ada seorang laki-laki yang shalat di bawah kubah . Masjidil Haram. Orang itu berdoa sambil menangis. Lalu aku mendatangi saat dia sudah selesai melaksanakan shalatnya. Ternyata orang itu adalah Ali bin Husain radhiyallahu 'anhu."

Aku berkata, "Wahai putera Rasulullah, aku melihatmu dalam kondisi seperti itu, padahal engkau adalah keturunan Rasulullah dan memiliki tiga kelebihan - merupakan anak cucu Rasulullah, sudah mendapatkan syafaat dari kakeknya (Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam) dan mendapatkan rahmat dari Allah. Aku berharap agar Allah memberikanmu kebebasan dari rasa takut."

Lalu Ali bin Husain berkata, "Wahai Thawus, meskipun aku anak dari cucu Rasulullah jangan anggap aku sudah aman dari siksa Allah, karena aku mendengar firman Allah, "...Pada hari Kiamat nanti, tidak ada hubungan nasab di antara manusia." (Al-Mukminun : 101)    

Engkau juga jangan menganggapku aman karena aku mendapat syafaat dari kakekku, sungguh aku mendengar Allah azza wa jalla berfirman, "...Dan mereka tidak mendapatkan syafaat, kecuali orang yang diridhai Allah..." (Al-Anbiya : 28)

Sedangkan tentang rahmat Allah yang mereka katakan kepadaku, juga tidak membuatku merasa aman. Sungguh aku mendengar Allah ta'ala berfirman, "...Sesungguhnya rahmat Allah sangatlah dekat dengan orang-orang yang baik." Padahal aku tidak tahu apakah aku termasuk orang yang baik." 

(disarikan dari Kitab Al Hilyah karya Abu Nu'aim) 
Rubrik hikmah hal. 92 Edisi 01 XXVIII Mei 2015/Rajab 1436 H 

Sejatinya, sebab kita hanya sanggup berusaha dan berharap kepada Allah sebenar-benarnya semoga Allah menjaga kondisi kita untuk senantiasa baik dan selalu berbuat baik..
Sebab kita tidak tahu akhir hidup kita, baikkah, atau bahkan buruk..
Sebab kepadaNya saja kita akan kembali, 
Sebab di hadapanNya lah nanti kita akan diadili..
Semoga Allah menjaga kita, supaya kita sanggup bertaqwa di manapun kita berada.. 

Ditulis ulang oleh Syafiq El quds

3 comments:

  1. Anda Punya penyakit ? Anda ingin mendapat Informasi tentang keputihan ? Wasir , kencing Nanah , Gonore?? Konsultasi Dokter secara online Gratis (PMS) www.m.klinikapollo.com jangan lupa kunbal gan

    ReplyDelete